-->

Strategi membangun blog agar panjang umur

Membangun blog baru adalah hal mudah, namun bukan berarti bagi yang sudah pernah membangun blog dan berencana membuat blog baru akan sangat mudah, ribet ya? Begini, beberapa blogger aktif yang sudah merasa putus asa dengan blognya biasanya akan berencana membuat yang baru, untuk itu guna meminimalisir kegagalan selanjutnya berikut adalah tipsnya

Memilih nama dan judul blog

Untuk langkah ini, silahkan siapkan beberapa nama blog anda, lalu coba ketikkan pada browser, misalnya mbokrondo.blogspot.com, maka dengan begitu anda tidak perlu berlama lama  berkutat memikirkan nama yang sesuai untuk blog baru anda. Karena dengan begitu anda akan menemukan dari sekian banyak nama yang menjadi preferensi anda yang masih belum pernah digunakan.

Kejelasan tujuan untuk blogging

Tentukan tujuan anda membangun blog, berdasarkan pengalaman pribadi bahwa membangun sebuah blog dengan tujuan utama menjadi publisher akan menekan kebebasan menulis anda, so let’s it flow. Buat blog dengan se-enjoy mungkin sampai suatu saat mungkin blog anda dapat dimonetisasi.

Memilih template yang bagus dan sesuai

Untuk blog baru, sediakan template yang akan digunakan. Apakah template gratis ataupun berbayar adalah pilihan, perlu diingat apabila menggunakan template gratis jangan pernah menghapus footer J hargai blogger yang sudah berbaik hati memberikan template gratis.


Melakukan pembuatan konsep artikel (tidak wajib)

Buat sketsa konsep artikel awal anda, karena berdasarkan pengamatan dan hasil diskusi dengan blogger lain, bahwa memiliki konsep dan mempersiapkan beberapa artikel sebelum membuat blog akan sangat membantu karena dalam peluncuran blog baru sudah berisi artikel sehingga untuk entri berikutnya akan lebih santai dalam merencanakannya. Dan bisanya ide penulisan akan muncul berdasarkan entri sebelumnya. Selanjutnya,siapkan post laman keterangan blog.
Jika dalam blog anda nantinya akan berisi menu navigasi tambahan berupa kontak, tentang, dan kebijakan makan ada baiknya anda persiapkan terlebih dahulu dalam ms.word, hal ini dilakukan agar saat mengedit tata letak anda dapat sekaligus mengatur laman tersebut.

General blog atau niche blog? Yup! Pertanyaan retoris, silahkan dijawab sendiri. Untuk menemukan jawabannya, mari kita uraikan terlebih dahulu mengenai keduanya.
General blog, merupakan blog yang di tulis berdasarkan ide bebas atau inspirasi seorang blogger. Dalam hal ini penulis blog bebas untuk menuliskan tentang apapun yang sifatnya tidak terbatas pada suatu keharusan menulis artikel yang saling berkaitan atau artikel yang dibuat sangat spesifik, contohnya adalah situs yang memuat tentang kehidupan keseharian blogger, dapat memuat tentang tugas-tugas, berisi refferensi bahkan sekedar cerita asmara penulisnya (curhat) ya kali!.

Sedangkan Niche blog merupakan situs yang diproyeksikan akan memuat artikel khusus, baik itu tentang hobby atau keahlian pemilik blog. Isi didalamnya akan lebih spesifik, kita ambil contoh jika blogger adalah seorang atlet bulu tangkis, maka artikel yang dimuat dapat berupa tips dan trik seputar bulu tangkis, jadwal latihan, atau informasi seputar turnamen bahkan mengenai pebulu tangkis idola.

Jenis blog yang dapat didaftarkan adsense

Blog dengan niche atau blog general keduanya dapat dilakukan monetize hanya saja iklan yang tampil pada blok dengan thema khusus biasanya akan lebih relevan dan meng-hypnotize pengunjung melakukan klik.

Jangan selalu berfikir untuk menjadi publisher adsense


Motivasi menjadi publisher terkadang mampu melemahkan mental blogger dalam keseriusan mengembangkan blognya, dikarenakan situsnya tak kunjung memiliki traffic besar dan statis atau karena lamaran pengajuan kepada adsense yang selalu ditolak membuat beberapa blogger (termasuk saya) menjadi malas untuk melanjutkan menulis, hal ini manusiawi.

Pengaruh jenis blog terhadap traffic

Berdasarkan pendapat blogger senior, blog dengan niche akan memiliki pengunjung setia akibat dari banyaknya informasi didapat pada blog tersebut sesuai dengan yang sedang dicari, dengan membookmark pada browser ada kemungkinan suatu saat pembaca akan berkunjung kembali. Sedangkan general blog akan sulit mendapat pembaca yang loyal, setelah membaca satu artikel dari blog tersebut pengunjung akan walk-out. Namun tidak sedikit blog ngangkrak adalah blog niche, setelah mempublish beberapa artikel ternyata blogger mengalami kebosanan pada niche terpilih, atau menyadari bahwa niche yang diambil hanya sekedar diminati namun bukan hal yang dikuasai.


Nah, Kesimpulannya dalam menentukan jenis blog yang akan dibangun adalah berdasarkan kemampuan dan keinginan blogger itu sendiri. Menurut pribadi saya yang sudah sekian kalinya gagal dalam membangun blog, coba temukan dalam diri anda tujuan utama menulis blog. Buatlah diri anda se-enjoy mungkin dalam menulis, untuk sementara abaikan dahulu tujuan menjadi publisher, perkaya blog anda dengan artikel unik,menarik dan memberikan manfaat bagi khalayak.


Selanjutnya, apabila sudah memiliki bayangan mengenai proyeksi masa depan blog, masih perlu memperhatikan beberapa aspek lain, karena tak jarang blog yang dibangun dengan niche sesuai keahlianpun mengalami stagnasi dan hampir tidak berprogress sama sekali, apa sebabnya?

Melakukan pengoptimalan SEO

Seberapa penting optimasi SEO untuk pengembangan blog? Tentu saja hal ini penting untuk semua Penggiat dunia web log baik itu bagi blogger yang mengincar kesempatan menjadi publisher ataupun yang hanya sekedar mengelola blog untuk hobby saja. Alasannya mudah saja, tentunya dengan mengoptimasikan SEO pada situs memungkinkan tercapainya target menduduki page one atau minimal muncul dihalaman kedua pada mesin telusur.

Lantas apakah dengan menerapkan trik SEO akan menjadi jaminan artikel muncul pada halaman pertama yang menjadi incaran sebagian besar blogger? Tentu saja tidak semudah dan tidak pula serumit itu. Nyatanya saya sendiri hingga saat menerbitkan artikel ini masih dipusingkan dengan hal ini. Karena pada blog ujicoba yang saya luncurkan sekitar 6 (enam) bulan yang lalu, salah satu artikelnya hingga saat ini masih menduduki halaman pertama mesin telusur dengan beberapa kali dicoba dengan mengganti keyword pencarian. Pada blog itu tidak diterapkan trik apapun, namun setelah membaca beberapa artikel kebetulan yang terjadi tersebut mungjin terjadi akibat tepatnya pemberian judul pada artikel tersebut.

Intinya, penggunaan trik Search Engine Optimizer dapat memberikan andil pada penempatan hasil telusur untuk suatu situs. Terlebih google pun meluncurkan panduan berbentuk pdf yang dapat di download secara cuma-cuma walaupun trik yang diberikan tidak membuka rahasia apapun. Jelas bahwa ini sangat direkomendasikan untuk diterapkan pada situs yang mengincar traffic namun tentunya perlu diperhatikan bahwa konten yang disajikan harus mementingkan konsumen dan bukan semata-mata hanya untuk ‘Menguasai’ page one.
Source : Panduan Memulai Pengoptimalan Mesin Telusur Google

Belajar SEO untuk pemula

Untuk blogger pemula seperti saya, menjadikan Search Engine Optimization Starter Guide - Google sebagai kitab basic sudah cukup baik sebelum memasuki tahapan selanjutnya seperti beberapa trik yang dapat ditemui pada blog tentang SEO oleh teman-teman blogger yang sudah berpengalaman dan berhasil pada hal ini. Sebagai contoh adalah blog omblogging.com yang pernah saya temui artikel yang baru saja diluncurkan lebih kurang 30 menit langsung menduduki page one. Dengan mudahnya memperoleh informasi tentang hal ini tentunya tidak ada lagi alas an untuk menghindar dan tidak mempelajarinya, terutama saya pribadi.

SHARE

Sam Arief

Hi. Saya Adalah Blogger Pemula Yang Mencoba Menemukan Passion Terbaik Dalam Setiap Aktifitas Blogging. Belajar Menulis Blog, Memahami Coding dan SEO Serta Sedikit Berusaha Lebih Keras Untuk Money Blogging Yang Seluruhnya Saya Lakukan Secara Otodidak.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment